Purple Heart - Handwriting
21.12.15

Anak Kuliahan Awal

haiii guysss... baru nongol lagi nih gw setelah sekian lama tenggelam dari dunia ketik-mengetik ini.. hahahh

Kalo gw bilang gw ga update-update blog lagi karena sibuk kuliah , sumpah gw boong banget berarti. hahah. Kuliah tuh santai banget kalo menurut gw (karena masih semester satu), apalagi gw semester satu ini dapetnya kelas siang semua jadi bangun bisa suka-suka hati.. *balalala*.
Dan di semester satu ini juga belajarnya masih ga terlalu ribet, tugas-tugasnya juga ga banyak udah gitu kelompok lagi kebanyakan jadi masih santai banget lah. Tapi gw gatau si kalo di jurusan, fakultas dan di Univ laen kaya gimana, jadi jangan di universal'in. Tapi mungkin gw bisa bilang kalo kuliah itu waktu yang lu habisin di kelas ga selama pas lu sekolah, dan mata pelajarannya juga gasebanyak pas sekolah. Yang dipelajarin yah yg sesuai sama jurusan kalian aja.. makanya buat yg belom kuliah gw si saranin nanti pas kuliah milihnya jurusan yang emang kalian bener-bener suka jadi kuliahnya bisa lancar dan gajadi beban , dan biasanya saat kalian mempelajari sesuatu yang emang kalian suka kalian akan bisa lebih gampang buat memahaminya. 
Tadi gw bilang kalo pas kuliah waktu yang diabisin dikelas gasebanyak pas sekolah. Gw kasih gambaran aja nih yah. Pas gw sekolah masuk jm 7 pulang jm 3 (ada temen gw yang pulangnya jm 5) istirahat 30 mnt. Pas kuliah biasanya sehari itu 2 matkul doang atau paling banyak 3, dan 1 matkul paling 2 jman itu kalo dosennya ada dan niat ngajar sampe 2 jm (dikuliah gada bel) , jadi paling sehari lu cuma 4 jm di kelas atau 6 jam paling lama kalo 3 matkul. Terus kalo pas sekolah istirahat cuma 30 mnt atau dibagi 2 kali jadi 15mnt, pas kuliah lu bisa dapet istirahat sampe ber jam-jam, jadi kalo yang kampusnya deket mall yah.. bisalah selama jeda nyuci mata dulu , nongki-nongki bareng temen. Coba pas sekolah mana bisa istirahat atau jm kosong kelayapan ke mall, baru mao keluar gerbang aja udah ditembak kali lu sama gurunya... ahhah
Masa kuliah adalah masa dimana lu dituntut buat jadi anak yg aktif. Pelajaran lu gacuma terpaku sama satu buku paket aja, tapi lu justru dituntut buat belajar dari banyak sumber dan banyak buku, lu juga gaharus nelan bulet-bulet omongan guru/ dosen, kalau ada omongan dosen yg menurut lu ga sesuai sama apa yang pernah lu baca lu bisa aja menyanggahnya, bahkan saat lu aktif di kelas kemungkinan besar lu akan dapet point plus dimata dosen dan makin gampang buat lu dapet nilai... yapp aturan lama masih berlaku dosen yang megang kendali dosen yg memberi nilai jadi harus tetep jaga sikap carmuk carmuk dikit mah sah sah aja hahha...,.
Selain aktif dalam pelajaran,  kita juga harus aktif dalam mencari teman.. Banyak orang yang bilang masa kuliah itu masa yang paling susah buat nyari teman dekat atau sahabat gitu, soalnya setiap semester kita bakal beda-beda kelas, matkul, sama jam nya . Kalau kelas atau mahasiswa nya cuma sedikit si mungkin masih gampang buat dapet temen deket, tapi kalau yang mahasiswanya banyak itu yang susah. Istilahnya kita cuma dikasih waktu selama 6 bulan buat dapet temen abis itu kita udah harus bisa cari temn baru lagi. Mungkin banyak juga yang mikir "enaklah jadi punya temen banyak" .. okayyy bener kita emang jadi punya temen kenalan yang banyak,,,tapi yang gw maksu disini adalah temen deket yang bisa dijadiin sahabat gituu.. kalau kita cuma dikasih waktu 6 bulan buat mengenali semua orang terus abis itu kita "putus hubungan" yah gimana bisa tau mana yang bisa dijadiin temen deket/sahabat beneran sama mana yang cuma mao jadi temen kita kalo ada perlu doang..
Dan aktif yang ketiga adalah aktif untuk berorganisasi. Kaya yang udah gw bilang kuliah itu beda sama sekolah, mungkin kalo di sekolah organisasinya yah paling OSIS aja, tapi kalau di kampus organisasinya tuh banyakkk bangetttt dari yang tingkat univ, tingkat fakultas, tingkat jurusan , segala macem bentuk keorganisasian tersedia di kampus, ditambah lagi waktu luang yang banyak jadi kita bisa ikut setidaknya 2 organisasi sekaligus , atau ikut organisasi lain di luar kampus juga sangat memungkinkan. Jadi kesempatan untuk meperoleh pengalaman dalam berorganisasi ini gaboleh kalian sia-sia in ketika kalian sudah menjadi mahasiswa, karena pada dasarnya ketika bekerja yang dibutuhkan bukan hanya sekedar teori yang kita peroleh di kelas aja, tapi juga dari pengalaman kita dalam berorganisasi. Ketika kita terbiasa dalam berorganisasi kita menjadi lebih terbiasa juga saat harus menghadapi atau juga bekerjasama dengan orang lain dengan berbagai macam sifat, dan orang yang dapat bekerjasama dengan baik itulah yang lebih dicari oleh berbagai macam perusahaan dibanding dengan orang yang hanya memiliki nilai bagus aja *sotoy* hhahahha.
Tapi ketika kalian aktif organisasi bukan berarti kuliah jadi ditinggalin gitu aja.. kita harus bisa bagi waktu kita sebaik mungkin biar bisa tetep aktif organisasi dan kuliah juga tetep jalan.. Dan ini karena masih semester awal yang masih banyak santai-santainya hahaha, kalau udah semester tua kayanya akan makin susah buat ikut-ikut kegiatan luar kampus atau lain sebagainya.

note: semua yang gw tulis di atas hanya berdasarkan apa yang gw denger dan gw amati. Karena gw gatermasuk mahasiswa yang aktif, gw masih terbawa sama masa SMA yang bisanya cuma ngedengerin guru ngomong dan nyatet semua tulisan di papan tulis tanpa tau mana yang bener-bener harus dicatet mana yang ngga. Dan gw terlalu males buat baca atau nyari sumber lain, jadi gw cuma belajar dari apa yang dosen gw kasih. Tapi gw gamau kalian yang akan memasuki dunia perkuliahan jadi kaya gw, kalian harus mempersiapkan diri kalian dari sekarang. "it's better when you can be a better" .

~Jadi alasan gw selama ini ga nongol lagi adalah karena gw abis bertapa mencari insipari~ hahaha

btw gw udah mao UAS smt 1 nih.. doain yahhhh

buat yang mao bagi pengalaman kuliahnya yang semester awal atau akhir atau bahkan yang udah lulus boleh komen :))

1 comments:

Anonymous said...

Komen ah.. Itu bukan insipari tapi inspirasii ya wkwkwk

Post a Comment

 
;